Misteri Burung Merpati

Assalammu’alaikum para pembaca sekalian.

Terlebih dahulu penulis meminta maaf kepada Saudari SFR kita kerana lambat sangat mendapatkan rujukan berkenaan burung merpati ini. Alhamdulillah, penulis ada temukan beberapa rujukan dan kisah berkaitan burung merpati ini. Sebagaimana yang saudari SFR persoalkan; bagaimanakah pada zaman dahulu merpati digunakan untuk membawa surat. Rujukan yang penulis perdapat adalah daripada beberapa sumber yang boleh dipercayai. InsyaAllah saudara/ saudari boleh menyemak semula dari sumber yang penulis lampirkan.

Merpati yang miseri

Merpati yang miseri

 1. Merpati menentukan arah menggunakan medan magnet

Burung-burung merpati ternyata menggunakan medan magnet Bumi untuk menemukan jalan pulang setelah terbang jauh, demikian diungkapkan para ilmuwan dalam tulisan di majalah Nature. Menurut para peneliti, burung-burung itu sepertinya menggunakan partikel magnetik kecil di paruh mereka untuk mengindera medan magnet planet kita.

Burung merpati memakai kemampuan mereka untuk menciptakan semacam peta dari medan magnet, lalu memanfaatkannya untuk menemukan arah kembali ke rumah, demikian diungkapkan ilmuwan-ilmuwan Selandia Baru. Pandangan ini merupakan tantangan bagi teori yang mengatakan bahwa burung-burung merpati menggunakan bau untuk menentukan arah.

Dalam penelitiannya, Cordula Mora dan rekan-rekannya dari Universitas Auckland, Selandia Baru, menempatkan burung-burung merpati dalam sebuah lorong-lorong kayu dengan sebuah platform tempat makanan di masing-masing ujung lorong. Di bagian luar sistem lorong diletakkan juga kumparan magnet.Burung merpati tersebut telah dilatih untuk berjalan menuju salah satu platform makanan bila kumparan magnet dimatikan, dan ke platform lain bila kumparan dinyalakan.

Para ilmuwan kemudian melakukan uji coba untuk mempelajari kemampuan merpati mendeteksi medan magnet. Mula-mula mereka menempelkan magnet pada paruh burung. Akibatnya, kemampuan mengetahui apakah kumparan magnet dinyalakan atau dimatikan menjadi berkurang secara drastis.

Kedua, tim peneliti membuat mati rasa bagian atas paruh merpati. Hasilnya, merpati juga menjadi kesulitan mendeteksi apakah kumparan menyala atau mati.

Dalam percobaan selanjutnya, para ilmuwan memotong saraf trigeminal (saraf yang membawa sinyal optis dan sinyal lain ke otak) merpati dan mereka menemukan bahwa sense magnetiknya kembali terganggu.

Adapun gangguan di atas tidak terjadi ketika para peneliti memotong saraf olfactory (yang menghantarkan sinyal bau-bauan ke otak), suatu hal yang berlawanan dengan teori bahwa merpati menentukan arah menggunakan bau-bauan.

Secara keseluruhan, riset di atas sesuai dengan pandangan bahwa merpati mendeteksi medan magnet menggunakan partikel di bagian paruh atasnya. Keberadaan partikel magnetik di paruh ini telah diketahui sejak tahun 1970-an.

Pada penelitian sebelumnya, selain menggunakan medan magnet, burung merpati ternyata juga menghapalkan tanda-tanda jalan untuk menemukan arah, bila ia terbang pada jarak dekat (bbc.co.uk/wsn).

 

2. Kemampuan mengingat jalan

Seperti manusia, burung merpati ternyata juga mengikuti jalan raya, rel kereta api, dan tanda-tanda lain untuk pulang ke rumahnya. Menurut para peneliti, burung-burung itu seringkali tidak menggunakan sistem navigasi alaminya yang bergantung pada medan magnet dan matahari, dan lebih memilih mengingat ‘landmark’ jalan.

Penelitian yang dilakukan selama sepuluh tahun oleh para peneliti dari Universitas Oxford, menemukan bahwa beberapa burung merpati ternyata mengikuti jalan untuk menentukan arah. Mereka seringkali ikut membelok ketika jalan berbelok, dan memanfaatkan bangunan-bangunan untuk menentukan dimana dia berada.

Untuk mengetahui jalur penerbangan merpati, para ilmuwan memasang piranti pelacak kecil yang memanfaatkan teknologi ‘Global Positioning System’. Dengan cara itu para peneliti dapat mengikuti ke mana merpati terbang.

“Mereka ternyata tidak mengikuti jalur lurus sepanjang waktu. Kadang-kadang merpati mengikuti jalan raya,” kata Dr Tim Guilford, peneliti. “Kami mencatat jalur yang ditempuh burung, dan terkejut saat hewan-hewan itu ternyata berbelok ketika jalan berbelok.”

Burung merpati sesungguhnya memiliki kemampuan navigasi alami dengan cara melihat posisi matahari. Mereka juga mampu menggunakan medan magnet Bumi untuk menentukan arah. Namun kemampuan ini kebanyakan hanya dipakai saat burung terbang di atas wilayah yang kurang dikenal.

Menurut Dr Guilford, di wilayah yang dikenalnya merpati sering tidak terbang lurus, dan memilih mengikuti jalan atau tanda yang dikenalnya. Para ilmuwan yakin, burung-burung ini melakukan hal tersebut agar perjalanannya simpel dan tidak repot. Mereka juga sependapat bahwa bagi merpati, ada hal yang lebih penting daripada sekedar menghemat tenaga. (BBC/wsn)

3. Hidung untuk navigasi

Hasil penelitian ini mirip dengan penelitian terdahulu terhadap sistem navigasi ikan pelangi air tawar (rainbow trout). Kedua spesies ini mempunyai sebuah sistem yang sama. Yakni adanya partikel magnetik yang dibawa dari hidung menuju otak oleh saraf trigeminal. “Hal ini tidaklah mengejutkan sebab zat besi yang mengandung material magnetik biasa ditemukan dalam tubuh hewan,” ucap Mora.

Namun sejauh ini para ilmuwan itu belum pernah melihat partikel magnetik itu melalui mikroskop. Terkait hal ini, Mora menjelaskan, partikel itu sangat sulit dilihat karena ukurannya yang sangat kecil. Selain itu, kata dia, banyak material biologi lainnya, seperti darah, yang mengandung zat besi.

Ia juga berpendapat, tidak ada alasan mengapa partikel yang kecil itu tidak bertambah besar. “Sebab,” kata dia, “layaknya menemukan sebuah jarum pada tumpukan jerami, medan magnet mampu menyerap segalanya.” Dengan demikian, sebuah penerima (reseptor) yang sangat besar seperti percobaan pada mata tidaklah diperlukan.

Mora menambahkan, penelitian ini juga telah membuktikan dasar dari studi yang lebih komplet soal sistem operasi dan penggunaan kepekaan magnet pada merpati, serta kemungkinan berpindah tempatnya spesies dari suatu tempat.

Menurut Guilford, penemuan ini berhasil menyingkap teori yang mengatakan, merpati dan burung yang berimigrasi menggunakan isyarat yang terlihat dan tidak terlihat untuk memandu mereka menjelajahi ratusan bahkan ribuan kilometer. “Apalagi ada sedikit keraguan bahwa burung selalu menggunakan isyarat visual saat terbang,” katanya.

Sebelumnya, awal tahun ini, Guilford berpendapat bahwa merpati peliharaan menempuh jalan yang sudah akrab untuk kembali ke kandangnya dengan mengikuti sesuatu yang mudah dikenal. Penelitiannya menunjukkan bahwa merpati tidak terbang layaknya buring gagak karena kekerapannya mengikuti jalan raya. 

Sumber: http://www2.kompas.com/teknologi/news/0411/27/140237.htm

7 Respons

  1. Assalamualaikum w.b.t….

    Konichiwa….wawawawa sungguh anggun dan jelita , cantik lagi maniis… neiji kunh kite… uhuhu…😀 … siap posing lentok2 lagi..hehehe…

    Btw,…. Arigato gozaimashta neiji kunh …..hait.. !!
    ( eja salah…… takpe asal bunyik die ade.. :P)
    ayoyo ..susah payah neiji kunh buat post ni aku boleh tak perasan plak kehadiran post merpati ni….ampun yeaaahhh….ini pun ade seseorang bagi tau ade post pasal merpati kat ur blog….but then tak sempat nak reply lagi…..harini baru berkesempatan…uhuhu….

    bagus jugak pencarian saudara..terjawab sedikit tanda tanye…. rupe2nye die gunekan medan magnet and hidung untuk penentuan arah….SubhanALLAH….

    ade beberapa lagi website yg sy jumpe (tapi tak baca habis) and saya dah bookmark….masalahnye sy takleh nak linkkan ke sini sbb ade kat rumah komputer tuh..uhuhuh…

    cume persoalan besar nye..camner merpati tuh bleh tau alamat tuju surat tuh…and macamana tuan die bleh bg tau kat merpati tu yg die kene pi situ gak..jgn pi hantar surat kat tempat lain..heheheh…aaaa…itu yg sedang dalam pencarian saya and belom berhasil lagi…..

    saya nak cube cari maklumat bebanyak..nanti dah berhasil bleh join venture ngan Discovery channel ke..national geographic ke Animal planet ke… Majalah tiga pon Boleh..heheheh ..nanti tetibe keluar pasal merpati kat TV tu..saya lah pengacara die heheheh (adusss… berangan je keje akunih..uhuhh)

    anyway..thanks again yer for the good post…maaf sesangat saya memang tak peransan this post…

    Semoga sentiasa mendapat Rahmat dan Berkat dari ALLAH…amiin..

  2. Salaam kengkawan,

    Hah.. saya pun nak tau Sdri SFR oiiiii.. Camna merpati tu bleh tau dia nya port of discharge tu ek… Pintar sungguh merpati tu. Cam gi skolah plak sampai tahu mane lokasi tempat nak di kirim message or surat2 tu. Posto posto!!

    Cari jangan tak cari Sdri oiiii…Sdra Mahmud pun sama. Cari.. jangan tak cari…

    Saya tunggu Sdri kuar ngan merpati tu skali kat TV nanti. Kuek kuek…

    Makasih gak pada tuan blog kerana post nya yang informative tu.

    Trima kasih daun keladi, Kalau ade tambah lagi…

  3. Wa’alaikumussalam.. sahabatku Saudari SFR dan Al-Hikam. Terima kasih di atas sokongan saudari berdua. Apa pun Neji kun tu mmgla seorang yang ayu. He he… ok ape. Cute. Kira kalahlah saudari berdua.. terutamanya tang matanya… heheh.. ye tak?😉

    Ha, Saudari SFR kalau ada apa2 tambahan post, link kan sahaja di sini ya. Kita sama2 lihat keajaiban ciptaan Allah ini pada merpati nih. Saya pun agak hairan juga, bak kata Saudari Al-Hikam, macam burung merpati ni gi skolah lak. Ha ha… Tapi dulu kan saya ada bela merpati siam. Pagi2 buka kandang, pastu lewat petang da balik. Timingnya sama je tiap2 hari. Ajaib sungguh. Tapi saya tak cuba plak bagi surat suh hantar ke tempat lain… hmm.. mungkin suatu masa nanti ley wat eksperimen plak.

    SFR: cume persoalan besar nye..camner merpati tuh bleh tau alamat tuju surat tuh…and macamana tuan die bleh bg tau kat merpati tu yg die kene pi situ gak..jgn pi hantar surat kat tempat lain..heheheh…aaaa…itu yg sedang dalam pencarian saya and belom berhasil lagi…..

    Daripada post di atas, terdapat 3 cara asas tentang pertanyaan Saudari itu iaitulah:

    1. Merpati menentukan arah menggunakan medan magnet.
    2. Merpati juga mempunyai kemampuan mengingat jalan.
    3. Merpati mengggunakan hidung untuk navigasi.

    Mungkin tentang alamat yang dituju itu, seekor merpati lain (senang cerita pasangannyalah) akan di letakkan di destinasi alamat yang dituju. Merpati yang dijadikan ‘posmen’ itu pula akan ikut deria bau pasangannya untuk sampai ke destinasi itu. Bukan tujuan merpati posmen tu nak hantar surat, melainkan adalah untuk bersama pasangannya. Mungkinlah. Inilogik je ni. Tak taulah hakikat sebenarnya macam mana. Hmm..

    Saudari Al-Hikam suka main pantun2. Saya pun nak bagi satu pantun jugak:

    Dalam semak ada ikan duri, Marilah kita makan kenduri… haha… Yash!

    …di mana ada aku, di situ ada DIA…

  4. salaaam….

    heheheh boleh terima pakai jugak hipotesis Mahmud….tapi untuk certain keadaan……

    tapi yg saya pelik..sepanjang saya masuk semak kat mana2 kat Malaysia ni…tak penah nampak ade ikan duri…… species apa plak tu ek?

    alamak..saya tak reti pantun laaa… tapi takpe..nak cube jugak..

    ehem ehem…

    “2 merpati terbang sejoli…
    sambil membawa surat yg diikat di kaki…
    eh..Hay merpati!! nak pegi mana tu?? bukan kat sana lahh..kat sinii….sini…!! ”😛

    KUEK !! KUEK !!

    WASSALAM …😀

  5. Salaam,

    Woah.. Ni ape hal ni? Dah bab merpati dua sejoli. Aku suh cari info, lain plak yang kowang cari yer…

    Tapikan Fam… eh salah SFR, ade betul gak logik Sdra Neji kun@ Mahmud tu. Merpati ni ikut deria partner dia. Hmmm… tkpe. Kita tunggu jer lah pencarian2 yang akan datang yerrr… Betapa unik nya ciptaan Allah. Subhanallah.

    Merpati putih. Lambang love dan keamanan. Baru jer smlm britau ngan Sdra kita Hikmatun pasal ni.

    Neiju kun menternak si ikan duri……
    Ternak duri dalam semak…..
    Yahooo.. Sdra Mahmud ajak makan kenduri…..
    Whoah pak bing bung eh si anak mak?……

    Neji kun takde gigi. Jauh2 pun aku pergi..

    KUEK KUEK

    Wassalam.. (Psstt.. cmna nak dpt emo tu ek?)

  6. […] Merpati Di Tanah Suci oleh M. Fajaruddin – Kisah Burung Merpati Dan Burung Puyuh oleh Nince – Misteri Burung Merpati oleh Mahmud […]

  7. hay, guys semua. tapi tau gag alasan mengapa merpati meninggalkan sarangnya (kandang) mjikannya jika ada keluarga majikan yg meninggal D’rumah majikannya ??

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

%d bloggers like this: